Jumat, 09 Desember 2011

Aspek-aspek penilaian kesehatan bank

 
Aspek-aspek penilaian kesehatan bank
Yaitu analisis CAMEL:
1.       Aspek Permodalan (Capital)
Menilai modal yang dimiliki oleh bank yang didasarkan kepada  kewajiban penyediaan modal minimum bank.yang didasari kepada CAR(capital adequacy ratio) yang telah ditetapkan BI. Perbandingan rasio CAR adala rasio modal terhadap Aktiva Tertimbang Menurut Resiko(AMTR).
2.       Aspek kualitas asset (asets)
Menilai jenis-jenis asset yang dimili bank yang harus sesuai bengan peraaturan BI dengan memperbandingkan antara aktiva produktif yang diklasifikasikan terhadap aktiva produktif, kemudian rasio penyishan penghapusan aktiva produktif terhadap aktiva produktif diklasifikasikan. Rasio ini dapat dilihat dari neraca yang telah dilaporkan secara berkala kepada BI.
3.       Aspek kualitas manajemen (management)
Melihat kualitas manusianya dalam mengelola bank dari segi pendidikan serta pengalaman karyawan dalam menangani berbagai kasus-kasus yang terjadi. Dalam aspek ini yang dinilai adalah manajemen permodalan, kualitas aktiva, manajemen umum, manajemen rentabilitas dan likiuditas. Peniliaian ini melalui 250 pertanyaan yang diajukan mengenai manajemen bank yang bersangkutan
4.       Aspek earning
Mengukur kemampuan bank dalam meningkatkan keuntungan dalam satu priode. Gunanya untuk mengukur tingkat efisiensi usaha dan profitabilitas yang dicapai bank. Bank yang sehat secara rentabilitas yang terus meningkat di atas standar yang telah ditetapkan. Penilaian ini meliputi: a. rasio laba terhadap total asset (ROA), b. perbandingan biaya operasi dengan pendapatan operasi (BOPO).
5.       Aspek likuiditas (liquidity)
Bank dikatakan likuid, jika bank mampu membayar semua hutangnya terutama utang-utang jangka pendek(simpanan giro, tabungan dan deposito) dan dapat memenuhi semua permohonan kredit yang layak dibiayai. Penilaian dalam aspek ini meliputi: a. rasio kewajiban bersih Call Money terhadap aktiva lancer, b. rasio kredit terhadap dana yang diterima oleh bank seperti KLBI, giro, tabungan, deposito dan lain-lain…

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar